LOGIN

Ribuan Personel Gabungan Amankan Demo Penolakan PPKM Level 4

eonia.id – Sejumlah pemuda ditangkap polisi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Para pemuda itu hendak unjuk rasa menolak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.
 
“Iya ada beberapa orang diamankan,” kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto, Sabtu, 24 Juli 2021.
 
Marsudianto belum mengetahui peran para pemuda itu. Sejumlah pemuda digelandang ke Polres Metro Jakarta Pusat untuk menjalani pemeriksaan.

“Masih didalami reserse perannya apa itu, mereka. Tapi, yang jelas ini kan masih PPKM darurat,” ujar Marsudianto.
 
Marsudianto juga belum dapat memastikan sejumlah pemuda itu provokator atau membawa senjata tajam. Namun, mereka akan langsung ditetapkan sebagai tersangka jika kedapatan membawa senjata tajam.

Dia memastikan demo itu tidak berizin. Polisi tidak menerima surat pemberitahuan. Informasi hanya diterima lewat selebaran dari media sosial yang menyatakan akan demo dan mengajak sejumlah elemen masyarakat.
 
Polisi tidak mendukung demo di tengah pandemi. Menurut Marsudianto, kegiatan itu menentang PPKM yang mewajibkan masyarakat tetap di rumah untuk mencegah penularan covid-19.
 
“Nanti kebijakan dari pimpinan di lapangan apakah mereka (yang demo) diambil semua atau kah hanya sebagian atau kah mereka disuruh pergi meninggalkan tempat,” ungkap Marsudianto.
 
Penangkapan sejumlah pemuda terekam gawai. Tampak mereka dibawa menggunakan mobil Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.
 
Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wisnu Wardana mengatakan pemuda itu berjumlah enam orang. Mereka masih menjalani pemeriksaan intensif.
 
“Iya enam orang lagi diinterogasi,” ujar Wisnu saat dikonfirmasi terpisah.
 
Sebanyak 3.385 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta mengamankan demo penolakan PPKM level 4 di Istana Merdeka. Kemudian, ditambah 400 personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.
 
Polisi mulai siaga sejak pukul 07.00 WIB. Sejumlah jalan di sekitar Istana Merdeka ditutup, seperti Jalan Patung Kuda Arjuna Wijaya, dan Harmoni, Jakarta Pusat. Polisi menutup jalan menggunakan barrier beton, barrier water, dan kawat berduri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp