LOGIN

Kerja Sama Bappeda Parepare dan Unhas, Diseminasi Produk Tepung Telur Kaya Antioksidan

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar memanfaatkan hasil-hasil penelitian.

Salah satunya penelitian produk telur menjadi tepung kaya antioksidan yang diseminasikan atau sosialisasikan di Balai Ainun Habibie Parepare, Senin, 4 Oktober 2021.

Produk tersebut merupakan hasil penelitian dari Unhas yang disosialisasikan ke beberapa SKPD di Parepare melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Parepare.

Dosen Unhas yang menjadi narasumber, Dr Nahariah mengatakan, produk tersebut sebagai bahan pangan fungsional. “Dan bisa menjadi lebih ekonomis dan efisien jika sudah menjadi industri. Hal ini diharapkan menjadi solusi ketika harga telur tengah berfluktuasi,” kata Nahariah.

Nahariah mengungkapkan, ada banyak manfaat dari tepung telur ini. Berbeda dari tepung pada umumnya. Telur bubuk tersebut mengandung antioksidan tinggi. Meskipun berubah bentuk dari telur menjadi tepung, namun tidak merubah fungsinya.

“Produk ini tentunya diharapkan agar bisa direalisasikan oleh peserta khususnya pada SKPD terkait yang telah mendapatkan informasi terkait bahan pangan fungsional ini,” harap Nahariah.

Peserta sosialisasi di antaranya Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP), Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK, dan UMKM.

Kepala Bidang Litbang Bappeda Parepare, Andi Pangurisan Walinono mengemukakan, Bappeda melalui Bidang Litbang saat ini tengah melakukan kerja sama dengan kampus-kampus salah satunya Unhas untuk pemanfaatan hasil-hasil penelitian.

“Salah satunya kerja sama dengan Unhas untuk desiminasi bagaimana telur menjadi tepung untuk bahan pangan fungsional ini. Jadi kami terbuka bekerja sama dengan kampus-kampus untuk pemanfaatan hasil-hasil penelitian. Sehingga hasil penelitian itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan bahkan bisa bernilai ekonomis,” ungkap Pangurisan. (*)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp