LOGIN

Inovasi Parepare Menuju Smart City, Siapkan Galeri Kelitbangan Berbasis Website

PAREPARE — Kota Parepare kini memiliki Galeri Kelitbangan Berbasis Website. Galeri Kelitbangan ini dihadirkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare melalui inovasi dari Kepala Bidang Kelitbangan Andi Pangurisan Walinono.

Inovasi ini bagian dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang tengah diikuti Andi Pangurisan.

Galeri Kelitbangan ini resmi diluncurkan atau disosialisasikan pemanfaatannya di Paputo Beach Parepare, Selasa, 13 Juli 2021.

Sekretaris Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun yang hadir mewakili Kepala Bappeda Samsuddin Taha mengapresiasi hadirnya Galeri Kelitbangan Berbasis Website. Karena itu akan mendukung visi misi Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe menuju Kota Cerdas atau Smart City.

“Misi Bapak Wali Kota Parepare adalah menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan pendekatan informasi dan teknologi menuju kota cerdas, guna menghadirkan reformasi birokrasi yang transparan dan akuntabel. Inovasi Kabid Litbang ini sejalan dengan visi dan misi Wali Kota Parepare mewujudkan birokrasi yang akuntabel,” ungkap Zulkarnaen.

Inovasi Galeri Kelitbangan Berbasis Website ini akan memuat hasil hasil kelitbangan baik yang dilaksanakan oleh Bappeda, SKPD lain, perguruan tinggi maupun stakeholder lainnya. “Nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu bahan masukan Bappeda dalam proses perumusan perencanaan pembangunan,” harapnya.

Penelitian atau kelitbangan di Parepare awalnya bernama Sindali yang terpadu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kemudian menjadi Lasiap. Dan kini lewat inovasi Bappeda hadir Galeri Kelitbangan Berbasis Website. “Dari data Bappeda isu penelitian di Parepare pada 2019 ada 700, kemudian 2020 ada 698, dan pada 2021 per 13 Juli, ada 495,” kata Zulkarnaen.

Widyaswara PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Dr Hj Dinarwati selaku coach Kabid Litbang Bappeda ikut mengapresiasi inovasi Galeri Kelitbangan ini.

“Inovasi Galeri Kelitbangan ini sangat baik. Karena inovasi yang berbasis IT akan mendukung visi misi Wali Kota Parepare dalam mewujudkan Smart City,” ulas Dinarwati.

Andi Pangurisan mengemukakan, Galeri Kelitbangan ini akan memuat hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi, kajian evaluasi di SKPD, termasuk survei-survei, dan segala riset kajian ilmiah di lingkup Parepare.

“Tentunya hasil-hasil penelitian yang berbasis kajian ilmiah akan sangat mendukung dan bermanfaat dalam proses perencanaan maupun dalam pengambilan kebijakan sehingga ke depannya kita dapat menghasilkan kebijakan kebijakan yang berbasis data atau berbasis ilmiah,” terang Pangurisan.

Dia berharap SKPD lingkup Pemkot Parepare dapat memanfaatkan Galeri Kelitbangan untuk menyampaikan hasil-hasil kajian yang telah dilaksanakan sehingga informasi hasil hasil kajian dapat terintegrasi dalam satu website. “Sehingga memudahkan untuk diakses baik oleh pengambil kebijakan maupun masyarakat,” tandas Pangurisan.

Sosialisasi pemanfaatan Galeri Kelitbangan Berbasis Website ini dihadiri perwakilan perguruan tinggi se-Parepare, perwakilan SKPD se-Parepare, dan stakeholder terkait lainnya. (*)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp